Hubungan Ilmu Hubungan Internasional dengan ilmu Agama


      Seperti kita ketahui bahwa di dunia ini terdapat banyak ilmu yang dipelajari oleh banyak orang maupun dari ilmu agama ataupun ilmu non agama.tapi secara kita tidak sadari bahwasanya semua ilmu di dunia ini mempunyai ikatan mewujudkan atau hubungan yang semuanya itu bertujuan kepada satu tujuan yaitu perdamaian.ilmu apapun yang kita pelajari dan apapun yang kita ketahui semuanya itu tertuju kepada perdamaian.contohnya,kita belajar ilmu hubungan internasional,kita mempelajari ilmu ini misalnya untuk mengetahui hal-hal yang terjadi di kanca internasional,tapi tujuan tersebut jika kita belum memandang ilmu tersebut secara mendalam,tapi jika kita telah mendalami ilmu tersebut maka, kita baru akan mengetahui bahwasanya tujuan ilmu tersebut kita pelajari adalah untuk menciptakan perdamaian di kanca nasional maupun internasional.
       Sama juga halnya seperti kita mempelajari ilmu agama, mungkin tujuan kita mempelajari ilmu agama  untuk mengkaji lebih dalam lagi tentang bagaimana agama itu dan apa agama itu. Tapi jika kita telah mendalami ilmu agama itu kita baru akan menyadari bahwa agama itu mengajarkan segala sesuatu yang baik dan salah satu dari hal-hal baik tersebut adalah perdamaian. Mengapa agama itu mengajarkan perdamaian?, karena agama mengajarkan semua hal baik yang harus di amalkan oleh seluruh umat manusia di muka bumi ini,dan perdamaian termasuk dalam hal baik tersebut.
       Maka dari itu, apapun yang kita pelajari di muka bumi ini semuanya mengarah pada satu tujuan yaitu perdamaian.ilmu hubungan internasional dan ilmu agama juga demikian, seperti yang kita bahas di atas tadi. Semuanya mengarah pada perdamaian jadi antara ilmu hubungan internasional dan ilmu agama itu saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama yaitu  mewujudkan perdamaian di muka bumi ini.


Comments

Popular Posts